tugas komunikasi
Komunikasi perangkat dalam komputer, dgn konten;
1. Siapa saja yg terlibat?
A. Input
B. Output
C. PEMROSESAN
D. STORAGE (penyimpanan)
2. Bagaimana mekanismenya?
1.mengambil informasi (input)
, mengolah informasi (pemrosesan), menyimpan informasi (penyimpanan), dan memuntahkan hasil (output). Dengan penjelasan sebagai berikut: Mengambil informasi (input) komunikasi komputer dimulai dengan mengambil informasi (input). Input komputer dilakukan oleh manusia sebagai pengguna (user). Informasi dimasukkan oleh pengguna memalui perangkat input. Perangkat input kemduian mengubah informasi menjadi data digital yang dapat dipahami komputer yaitu bahasa biner 1 dan 0.
Berikut merupakan alat masukan atau input dari komputer adalah: 1. 1.Keyboard
keyboard merupakan papan berisikan tombol huruf dan angka. Keyboard sering digunakan untuk memberi perintah kepada komputer, mengetik dokumen, atau menjalankan proses input lainnya.
2.Mouse
Adalah alat yang bisa digunakan untuk mengendalikan pergerakan kursor yang ada di layar. Mouse memiliki dua bagian tombol yang ketika diklik bisa menghasilkan perintah tertentu. Fungsi utama mouse ialah menggerakkan kursor, membuka dan menutup program, dan lain sebagainya. 3.Mikrofon
Alat input ini sering dipakai untuk memasukkan data atau perintah dalam bentuk suara. Mikrofon juga sering digunakan untuk berbicara dengan lawan bicara yang terhubung dengan internet.
4.Scanner
Merupakan alat yang sering dimanfaatkan untuk mengubah materi cetak, seperti teks atau gambar, ke bentuk yang bisa dibaca atau dilihat di komputer.
5.Web cam
Alat ini sering dipasang di bagian atas komputer atau laptop. Web cam dimanfaatkan untuk mengambil dan gambar atau video dan kemudian dikirim ke orang lain.
6.Joystick
Adalah salah satu alat input komputer yang bisa digerakkan ke berbagai arah. Dalam Bahasa Indonesia, joystick sering disebut tuas kontrol. Umumnya joystick dipakai oleh gamers, agar lebih leluasa saat bermain.
2.Output device
Contoh output dalam komponen komputer adalah:
1. Monitor
Monitor adalah bagian unit komputer yang menampilkan visual data, gambar atau program yang sedang dijalankan. Monitor terdiri atas berbagai jenis, ada yang LCD, flat dan lain sebagainya.
2. Speaker
Speaker sering juga disebut pengeras suara. Biasanya speaker dipakai untuk mendengarkan musik, suara ataupun bentuk audio lainnya.
3.Printer
Adalah alat output komputer yang sering dipakai untuk memproduksi data dalam bentuk fisik. Data yang bisa dihasilkan lewat printer diantaranya teks, gambar dan tangkapan layar video.
4.Plotter
dalah alat output komputer yang dimanfaatkan untuk mencetak hasil desain grafis dalam ukuran besar. Fungsinya hampir sama seperti printer, hanya saja plotter berfokus untuk mencetak hasil grafis dengan ukuran besar.
5.Proyektor Alat ini sering digunakan untuk menampilkan data ke dalam bentuk tampilan yang lebih besar. Proyektor digunakan dengan cara dihubungkan ke komputer atau laptop, untuk layar proyektornya bisa berupa dinding atau layar putih besar.
6.Headset Headset adalah peralatan output yang bisa digunakan di laptop, komputer ataupun gadget. Fungsi alat ini adalah untuk mendengarkan suara dan berbicara.
3..Proccesing device (pemrosesan)
Processing adalah peralatan atau komponen komputer yang digunakan untuk menjalankan aktivitas atau perintah. Keseluruhan komponen processing harus dirakit dengan benar dan tepat.
1. Prosesor
Prosesor dapat juga disebut CPU (Central Processing Unit). Prosesor merupakan komponen elektronik yang digunakan untuk menafsirkan serta menjalankan perintah. Prosesor menjadi bagian terpenting dalam komputer yang menjadi pengontrol aktivitas.
2. Motherboard Sering disebut pula mainboard. Motherboard merupakan papan sirkuit yang terdiri atas semua komponen penting dalam komputer, seperti CPU, VGA Port, USB Port dan lain sebagainya.
3. Power supply Adalah perangkat yang digunakan untuk mengisi daya atau tegangan ke dalam komponen komputer. Power supply berfungsi untuk mengubah tegangan AC ke taraf tegangan lainnya.
4. RAM Merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM merupakan media penyimpanan sementara untuk komputer. RAM hanya bekerja saat komputer dalam kondisi menyala, ketika sudah mati maka penyimpanannya akan kosong kembali.
4.Menyimpan informasi (penyimpanan)
Storage device adalah peralatan atau komponen komputer yang digunakan untuk penyimpanan, baik data, file ataupun program komputer.
Contoh storage device dalam komponen komputer adalah:
1. Floppy disk Merupakan perangkat penyimpanan yang berbentuk tipis, bundar dan ditutup plastik berbentuk segi empat. Floppy disk bisa menyimpan lebih dari 1,4 juta karakter.
2. USB flash drive Adalah perangkat penyimpanan yang bentuknya kecil dan tergolong mudah dibawa. Jika dibandingkan dengan floppy disk, USB memiliki ukuran fisik yang lebih kecil, tapi kapasitasnya jauh lebih besar.
3. Hard disk Hard disk merupakan perangkat penyimpanan yang ukuran dan kapasitasnya jauh lebih besar dibanding floppy disk dan USB. Biasanya hard disk disimpan di dalam kerangka komputer, namun ada pula yang diletakkan di luar atau hard disk eksternal.
4. CD
CD adalah perangkat penyimpanan yang bentuknya pipih dan bundar. CD terbuat dari bahan logam dan dilapisi plastik. Ada banyak jenis CD, contohnya CD-ROM, CD drive dan lainnya.
3. Apa kendala-kendala yg terjadi ketika komunikasi berjalan?
keterbatasan dalam komputer; pengguna terlalu memaksakan komputer berjalan sesuai yang di inginkan tanpa melihat dari segi spesifikasi, sehingga muncul kendala kendal yang terjadi saat proses sedang berjalan.
• Terjadi masalah karena pemroses tidak dapat memenuhi semua tugas-tugas yang diperlukan
- overshooting (terlalu banyak tombol ditekan)
karena sistem menyimpan sementara (buffer) tombol keyboard yang ditekan pengguna26
- icon wars (perang ikon)
user mengklik ikon, tetapi tidak terjadi apa – apa (sistem tidak cepat menanggapi),
mengklik yang lain, lalu sistem merespon dan window bermunculan dimana-mana
• Masalah lain :
- batasan komputasi :
ƒ komputasi memakan waktu, menyebabkan frustasi untuk pengguna
ƒ kemacetan dalam transfer data dari disk ke memory
- batasan grafik :
ƒ mengupdate layar membutuhkan banyak usaha, kadang terbantukan dengan
menambahkan prosesor grafik pembantu untuk mengatasi masalah tersebut.
- kapasitas jaringan : banyak komputer yang terhubung dengan jaringan saling membagi
sumber daya dan file, akses ke printer, dll, tetapi kinerja interaktif terkurangi dengan
adanya kecepatan jaringan yang rendah.
Komentar
Posting Komentar