||Pemanfaatan dan penggunaan Sosial Media utk pendidikan, Bisnis dan kesehatan||

 

n HALOO JUMPA LAGI KALI INI SAYA AKAN MENJELASKAN MENGENAI Teknologi, pemanfaatan dan penggunaan Sosial Media utk pendidikan, Bisnis dan kesehatan

 

  Okey tanpa berlama lama lagi kita akan langsung saja.

 

Ø pendidikan    


Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita. Tidak hanya sebagai sumber hiburan, tetapi juga merupakan bentuk pembelajaran yang vital.

Manfaat utama penggunaan sosial media untuk pendidikan sbg berikut:

 

v Media sosial sebagai saluran komunikasi

Komunikasi yang efektif memainkan peran utama antara siswa dan guru. Jika komunikasi yang tepat tidak tersedia, pengajaran dan pembelajaran akan menjadi sulit. Dengan bantuan internet, siswa dapat terhubung dengan teman, kolega, teman sebaya, keluarga, dan guru. Itu membuat siswa menjadi peserta aktif daripada konsumen konten yang pasif.

 

v Pembelajaran dan Jejaring Online

     Lewatlah sudah hari-hari pembelajaran tradisional, karena media sosial dipromosikan hampir di semua situs web e-learning terkemuka. Sebagai pelajar, Anda dapat mengambil kelas dari situs web e-learning dan mendiskusikan keraguan Anda menggunakan berbagai saluran media sosial seperti YouTube, Udemy, Facebook, Instagram, dan lainnya.

 

v Untuk demonstrasi kreatif

     Melalui media sosial, siswa maupun guru dapat mendemonstrasikan keterampilan dan mengekspresikan diri. Hal ini memungkinkan siswa untuk berekspresi dengan berbagai cara, seperti dengan mem-posting foto, blog, artikel, video, klip audio, dan lainnya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi bakat mereka dan memberi mereka kesempatan di masa depan.

 

v Alami eksposur global

Media sosial memungkinkan siswa berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia, bahkan mereka mendapatkan pengetahuan yang luar biasa darinya. Mereka mengenal beragam budaya yang ada di dunia. Ini termasuk budaya, tradisi, bahasa, gaya hidup, makanan, kebiasaan, dan lainnya. Siswa juga dapat mempelajari berbagai kursus yang ada di universitas dari seluruh dunia.

 

v Media sosial sebagai platform kolaboratif

Manfaat penting lainnya dari media sosial adalah kolaborasi. Melalui kolaborasi, Anda dapat bekerja sama secara intelektual dan sosial untuk mencapai tujuan bersama. Siswa dapat menggunakan media sosial untuk mengumpulkan dan berbagi informasi baik dari sumber internal maupun eksternal. Anda juga dapat membuat konten pembelajaran Anda sendiri.

 

v Media sosial sebagai alat penelitian

Setiap siswa atau guru dapat dengan cepat dan mudah menemukan bahan penelitian otoritas tinggi menggunakan media sosial dalam pendidikan. Anda dapat melakukan penelitian di Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube untuk menemukan materi yang relevan tentang topik apa pun yang terkait dengan bidang pendidikan Anda. Anda juga dapat bergabung dengan berbagai grup pendidikan di Facebook.

 

v Media sosial sebagai alat pemasaran

     Melalui media sosial, mahasiswa dapat mempromosikan festival dan kegiatan perguruan tinggi. Ini adalah bagaimana Anda dapat memastikan siswa lain untuk berpartisipasi di perguruan tinggi Anda. Anda juga dapat mengiklankan karya seni dan kerajinan Anda di platform ini. Dan ini juga merupakan platform yang bagus untuk penggalangan dana.

 

v Membantu memperoleh pengetahuan yang lebih luas

     Media sosial membantu untuk meningkatkan prestasi akademik siswa dan menambah pengetahuan mereka melalui pengumpulan data dan informasi. Setiap kali siswa diberi tugas, mereka melalui berbagai platform online untuk mengumpulkan informasi guna membuat tugas.

 

v Akses ke informasi

     Ada banyak grup yang dapat diikuti oleh siswa dan guru melalui platform online yang terkait dengan program studi, demografi, lingkungan sekolah atau perguruan tinggi, dan lainnya. Anda dapat bergabung dengan grup di WhatsApp, Facebook, Twitter, dan lainnya untuk mengakses informasi berkualitas kapan pun Anda membutuhkan.

 

v Mendorong metode pengajaran baru

     Media sosial juga dapat digunakan sebagai platform pengajaran. Anda dapat mengunggah video pengajaran atau akademis Anda di YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, dll. Untuk mendidik siswa di seluruh dunia. Ini akan membantu Anda mendapatkan pengakuan di seluruh dunia dan pelajar akan mendapatkan materi yang berguna dari Anda.

 

 

Ø Bisnis


   Sebelum membahas tentang cara menggunakan media sosial untuk bsinis. Ada baiknya kita ketahui bagaimana media sosial bisa memberi manfaat pada bisnis, berikut beberapa 

 

n manfaatnya:

 

v Memperoleh data pelanggan

     Manfaat media sosial untuk bisnis bisa digunakan dalam mengumpulkan data pelanggan. Tiap hari ada lebih dari 500 juta Tweet, 4,5 milyar like di Facebook, dan 95 juta foto serta video diupload di Instagram. Di balik angka besar ini adalah kekayaan informasi tentang pelanggan; siapa mereka, apa yang mereka suka, dan bagaimana pendapat mereka tentang brand.

 

v Meningkatkan loyalitas dan brand awareness

      Ketika kehadiran brand terlihat di media sosial, akan lebih mudah bagi pelanggan menemukan dan terhubung dengan brand. Terhubung dengan pelanggan di media sosial membuat kamu lebih mungkin meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas brand.

 

v Menjalakan iklan dengan hasil real time

      Iklan di media sosial tidak memakan biaya yang mahal dan menjadi cara untuk mempromosikan bisnis serta mendistribusikan konten kamu. Iklan ini juga menawarkan pilihan penargetan yang kuat sehingga kamu bisa mencapai audiens yang tepat.

 

v Memperoleh lead dengan konversi lebih tinggi

     Media sosial meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan melalui interaksi reguler dan layanan pelanggan berdasarkan waktu. Sebuah penelitian di tahun 2015 menyebut, perusahaan kelas dunia menilai media sosial sebagai cara paling efektif untuk mengidentifikasi pembuat keputusan kunci dan kesempatan bisnis baru.

 

v Meningkatkan pengalaman pelanggan

     Lebih dari 67 persen konsumen saat ini pergi ke media sosial untuk mendapat layanan pelanggan. Mereka mengharap memperoleh respon cepat, dukungan layanan 24 jam, dan perusahaan yang bisa memberikan solusi.

 

v Meningkatkan traffic web site dan peringkat pencarian

     menggunakannya untuk meningkatkan traffic website. Media sosial tidak hanya membantumu mengarahkan orang ke website, tapi semakin banyak share di media sosial yang diterima, semakin tinggi peringkat pencariannya.

 

v Mengetahui apa yang kompetetior lakukan

     Dengan memonitor media sosial, kamu bisa mendapat informasi penting tentang kompetitor bisnis. Cara ini membuat kamu bisa membuat keputusan bisnis strategis untuk tetap jadi yang terdepan. Misalnya, kamu bisa ciptakan aliran pencarian untuk memonitor kata kunci industri dan menyebut nama serta produk kompetitor. Berdasarkan hasil pencarian, kamu bisa lakukan penguatan produk, layanan, dan konten yang kompetitor tidak lakukan.

 

v Berbagi konten lebih cepat dan lebih mudah

     Ini merupakan manfaat media sosial untuk bisnis yang bisa langsung dirasakan. Pasalnya, membagikan konten kini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah kepada audiens hanya dengan memposting di media sosial.

 

v Konten geo target

     Geo target jadi cara efektif untuk mengirimkan pesan ke audiens tertentu berdasarkan lokasi mereka. Jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki tool yang memungkinkan Anda mengkomunikasikan jenis konten yang tepat ke audiens.

 

v Membina relasi

      Media sosial bukan semata tentang meningkatkan penjualan perusahaan di media sosial, tapi juga menjadi saluran dua arah dimana kamu memiliki kesempatan untuk memperkaya hubungan dengan pelanggan.

 

v Menumbuhkan bisnis secara lebih cepat

     Media sosial memiliki banyak manfaat untuk membangun bisnis. Berbagai poin manfaat yang telah disebutkan di atas akan mengarahkan bisnis ke pertumbuhan yang lebih cepat. Dengan menggunakannya untuk mempelajari lebih banyak tentang pelanggan, mendekati audiens, dan melebarkan jangkauan brand, kamu akan mencapai konversi bisnis yang besar.

 

 

n Penggunaanya

  

  Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana menggunakan media sosial untuk bisnis dan bagaimana marketing media sosial bisa membantu mendorong tujuan bisnis serta meningkatkan kesadaran tentang brand produk atau layanan.

 

v Perencanaan lebih besar dengan menggunakan media sosial

Ada beberapa manfaat ketika menggunakan media sosial untuk bisnis untuk membantu mengokohkan presence secara online, antara lain:

1. Sederhana dan cepat

nterface yang mudah digunakan berarti kehadiran Anda bisa berjalan dalam hitungan menit.

2. Efektivitas harga

      Halaman media sosial bisa dikembangkan dengan sedikit atau bahkan tanpa biaya.

 

v Gunakan konten untuk menarik pelanggan

Cara terbaik untuk mendapat perhatian pelanggan dan melakukan interaksi dengan pengguna adalah dengan menyediakan konten berkualitas tinggi di website dan jaringan sosial, atau dengan postingan blog yang menargetkan audiens

 

v Gunakan iklan berbayar

     Iklan berbayar mengandalkan variasi mekanisme penargetan, termasuk kata kunci. Iklan yang terpampang bisa muncul pada sisi halaman pengguna dan ketika mereka terintegrasi ke pengalaman pengguna. Iklan berbayar bisa jadi strategi efektif dan banyak platform media sosial memiliki pilihan anggaran yang ramah.

 

v Pilih platform dan strategi yang tepat

     Mungkin kamu tertarik untuk mengikuti tren media sosial yang dianggap tren dan ikut dalam platform mana saja yang banyak dibicarakan. Memaksimalkan penggunaan media sosial berarti memilih platform dan praktek yang cocok dengan strategi bisnis.

 

v Tetapkan tujuan untuk penggunaan media sosial

     Lokasi, tujuan, dan ukuran bisnis akan secara alami mempengaruhi tujuan penggunaan media sosial. Tapi banyak perusahaan menggunakna platform sosial untuk:

1. Meningkatkan referral ke website

2. Mengarahkan generasi lead atau pembelian ecommerce

3. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

4. Menunjukkan identitas perusahaan yang membuat orang lebih mungkin berhubungan sebagai konsumen atau pegawai

5. Meningkatkan kuantitas feedback yang diterima dari pelanggan dan lead.

6. Menawarkan jalan tambahan untuk interaksi layanan pelanggan. Klien bisa menganggap lebih nyaman untuk menulis Tweet atau postingan Facebook dibanding menelepon atau mengirim email. Bahkan ini bisa membuat mereka lebih menyukainya. Satu survey menemukan kalau 43 persen pelanggan lebih mungkin merekomendasikan sebuah produk atau layanan ke orang lain ketika brand tersebut merespon dengan cara yang tepat waktu pada outlet media sosial.

7. Cerita yang gambarkan tentang perusahaan melalui media sosial bisa membantumu terhubung dengan reporter dan penulis yang sedang mencari bisnis menarik sebagai bahan tulisan.

 

v Lakukan pendekatan sistematis pada konten

Setelah memutuskan media sosial mana yang paling baik yang sesuai untuk strategi bisnis, kembangkan rencana komprehensif untuk konten yang akan diposting. Pendekatan yang sistematis menjadi kunci ketika mengembangkan rencana konten, karena ini akan membuat kamu menjaga konsistensi ketika membagikannya di berbagai saluran media sosial.

 

v Buat konten plan

     Sangat diajurkan untuk menciptakan kalender editorial untuk konten. Idealnya, kamu perlu membuat perencanaan untuk beberapa bulan atau minggu ke depan (bergantung bisnis dan strategi media sosial) dan memiliki pandangan jelas tentang dimana bagian konten tertentu akan diterbitkan, juga dimana akan membagikannya di media sosial.

 

 

 

Ø Kesehatan

 


Media sosial merupakan aplikasi berbasis internet yang memungkinkan penyampaian, penciptaan, dan pertukaran informasi. Media sosial yang diselenggarakan secara daring memungkinkan komunikasi lebih terbuka, jangkauan luas, dan mengurangi hambatan komunikasi.

 

n Manfaat

 

v Penyampaian informasi kedokteran

   Media sosial mempermudah akses informasi kesehatan dan melibatkan masyarakat dalam perbincangan mengenai kesehatan. Informasi yang disampaikan dapat berupa berita dan penemuan terbaru di bidang kedokteran, pencegahan penyakit, pelayanan kesehatan, kebijakan di bidang kesehatan, ataupun komunikasi kedokteran lainnya.

 

v Edukasi kesehatan masyarakat

Sosial media efektif sebagai sarana pendidikan kesehatan masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, mengembangkan kesadaran, dan perilaku sehat. Media sosial memungkinkan pendidikan kesehatan untuk diselenggarakan secara bervariasi, misalnya melalui foto, gambar, video, meme, animasi, dan infografis.

 

v Tips kesehatan dan meluruskan informasi kesehatan yang kurang tepat.

Kalangan profesi kedokteran, berdasarkan kepakaran dan pengalamannya, memperoleh kepercayaan masyarakat untuk menyampaikan anjuran mengenai apa yang perlu dilakukan di bidang kesehatan. Anjuran kesehatan ini dapat mencakup petunjuk mengenai cara menjaga kebugaran tubuh, kesehatan reproduksi bagi remaja, diet pada penderita diabetes, dan pencegahan penyakit. Permasalahannya, dengan adanya media sosial setiap orang dapat menyiarkan informasi walau sebenarnya tidak memiliki kompetensi. Kalangan profesi kedokteran dapat memanfaatkan media sosial untuk meluruskan hal yang dianggap kurang tepat ini.

 

v Komunikasi dokter-pasien

     Media sosial dapat lebih efektif menjangkau pasien ataupun calon pasien. Komunikasi dapat dilakukan untuk berbagai hal, seperti pengaturan waktu dan tempat berobat. Selanjutnya, komunikasi menggunakan media sosial dapat dikembangkan untuk memberikan pelayanan dalam bentuk rekomendasi kesehatan hingga konsultasi secara daring.

 

v Interaksi antar tenaga kesehatan

Media sosial berpotensi memperluas jaringan antar sejawat tenaga kesehatan. Sebelumnya, interaksi di kalangan profesi kedokteran secara formal berlangsung pada pertemuan ilmiah dan melalui jurnal serta publikasi ilmiah. Berkat media sosial, sejawat yang berasal dari berbagai tempat yang berbeda dapat lebih mudah terhubung. Hal ini bermanfaat dalam menjalin komunikasi hingga saling berkolaborasi.

 

n Kegunaan

 

Jika consumer merasakan manfaat yang signifikan dari media sosial, maka consumer dengan senang hati mengeksplorasi fungsionalitas media sosial lebih lanjut untuk kesehatan dan berbagi pengalaman tersebut dengan consumer lainnya. Consumer yang menyadari faktor resiko dan masalah kesehatannya, akan cenderung menjalankan sikap preventif, misalnya dengan proaktif mencari informasi kesehatan di media sosial, berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis profesional secara online, dan mengadopsi gaya hidup sehat berdasarkan sumber terpercaya di media sosial.Berdasarkan hipotesis yang ditolak, consumer yang percaya diri dengan kemampuannya menggunakan media sosial untuk kesehatan akan bertindak lebih berhati-hati dalam mengadopsi informasi kesehatan yang diterimanya. Consumer berpengalaman paham tentang risiko informasi kesehatan yang beredar di media sosial dan akan mengevaluasi informasi tersebut secara lebih detil.Setiap orang dapat membuat berita, pesan, rekomendasi tentang penyakit dan pengobatan, layanan kesehatan, dan berita kesehatan lainnya di media sosial tanpa kontrol yang jelas dan evaluasi yang ketat. Akibatnya, reliabilitas informasi kesehatan di media sosial secara umum meragukan kecuali dirilis oleh institusi atau lembaga terakreditasi.Berdasarkan hasil dan temuan analisis perilaku consumer dalam memanfaatkan media sosial untuk kesehatan, para stakeholder dapat mengoptimalkan media sosial untuk membantu memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Administrator media sosial dan organisasi layanan kesehatan dapat menyediakan kamus kesehatan online dan mengorganisasikan informasi kesehatan sesuai dengan kategori yang mudah dipahami oleh consumer.Pihak dinas kesehatan, badan pemerintah, dan penyelenggara layanan kesehatan dapat menyediakan informasi kesehatan yang akurat dan berkualitas di media sosial, mendukung komunitas kesehatan online dan aktivitas e-patient, dan menyediakan layanan konsultasi online yang dipandu oleh pakar kesehatan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

||PENGENALAN VIRUS, CARA KERJA, PENANGGULANGAN, DAN CARA MEMPERBAIKI PADA KOMPUTER ANDA||